Memperbaiki Handphone Motorolla V3



Ini pengalaman sendiri ketika ponsel V3 saya tiba-tiba padam lcdnya, tapi masih berfungsi untuk nelpon dan bisa di telpon. Itu artinya V3 saya masih normal, kecuali bagian ke arah lcd terganggu. Coba kalau dibawa ke tukang service, sudah dipastikan harus ganti lcd. Paling tidak harus ganti keytoon atau flexible dan itu tidak murah disbanding harga V3 sekarang.

Jadi saya bongkar sendiri dengan asumsi V3 saya sudah lama saya pakai tapi tidak pernah dibersihkan bagian dalamnya. Ternyata benar, bagian-bagian konektor dari pcb ke keyton terlihat karatan dan konektor ke lcd penuh debu.

Awalnya karena membersihkannya asal-asalan, hurup-hurup di keypad tidak normal, namun setelah intensip dibersihkan dan dipasang dengan benar semuanya menjadi kembali normal.

Kesimpulannya tinggal berani mencoba untuk hal-hal yang sifatnya milik pribadi.

No comments:

Post a Comment